Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK Diponegoro
Salatiga
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Materi : Kepedulian Umat Islam Terhadap Jenazah
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan : Pertama
A.
Kompetensi
Inti :
(KI-1) Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.9 Memahami
pelaksanaan tata cara penyelenggaraan jenazah .
C.
Indikator
Peserta didik mampu:
1.
Menjelaskan
kandungan dalil naqli tentang kepedulian terhadap jenazah.
2.
Menjelaskan
tata cara penyelenggaraan jenazah menurut hukum Islam.
3.
Menjelaskan tata cara bertakziah sesuai
ajaran Islam.
4.
Menjelaskan tata cara berziarah susuai
ajaran Islam.
5.
Memiliki kepedulian terhadap jenazah
dalam kehidupan sehari-hari
D.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran , peserta
didik diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang kepedulian
terhadap jenazah.
2.
Menjelaskan tata cara penyelenggaraan jenazah menurut hukum
Islam.
3.
Menjelaskantatacarabertakziahsesuaiajaran
Islam.
4.
Menjelaskantatacaraberziarahsusuaiajaran
Islam.
5.
Memilikikepedulianterhadapjenazah
dalam kehidupan sehari-hari
E.
Materi Ajar (Materi Pokok)
Kepedulian umat Islam terhadap jenazah.
-
Kandungan dalil naqli tentang kepedulian terhadap jenazah : “dari Abu
Hurairah ra. Dari Nabi Muhammad Saw. Bersabda : Segerakanlah menguburkan
jenazah..” (H.R. Bukhari Muslim). Ini lah salah satu dasar bagi kita untuk
peduli terhadap jenazah, yaitu dengan
menyegerakan untuk menguburkannya.
-
Tata cara penyelenggaraan jenazah menurut hukum Islam :
1)
Perawatan jenazah
2)
Memandikan jenazah
3)
Mengafani jenazah
4)
Menyalati jenazah
5)
Menguburkan jenazah
6)
Berta’ziyyah
7)
Ziarah kubur
-
Tata cara berta’ziyyah sesuai ajaran Islam
:
1)
Menyampaikan doa untuk kebaikan dan ampunan terhadap orang yang meninggal,
serta kesabaran bagi orang yang ditiggal.
2)
Hindarilah pembicaraan yang menambah sedih keluarga yang ditimpa musibah.
3)
Hindarilah canda-tawa apalagi sampai terbahak-bahak.
4)
Usahakan turut menyalati mayat dan turut mengantarkan ke pemakaman sampai
selesai penguburan.
5)
Membuatkan makanan bagi keluarga yang ditimpa musibah.
-
Tata cara berziarah sesuai ajaran Islam :
1)
Ketika mau berziarah , niatkan dengan ikhlas karena Allah Swt, tunduk hati
dan merasa diawasi oleh Allah Swt.
2)
Sampaikan di pintu kuburan, ucapkan salam sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah
Saw.
3)
Tidak banyak bicara mengenai urusan dunia di atas kuburan.
4)
Berdoa untuk ampunan dan kesejahteraan si mayat di alam barzah dan akhirat
kelak.
5)
Diusahakan tidak berjalan melangkahi kuburan atau menduduki nisan ( tanda
kuburan).
F.
Metode Pembelajaran:
1.
Ceramah
2.
Mengamati Film
3.
Diskusi
4.
Tugas
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Deskripsikegiatan
|
Alokasiwaktu
|
|
Pendahuluan
|
a.
Memberisalam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Absensikehadiransiswa
c.
Menjelaskansecarasingkatmateri yang
akandiajarkandengankompetensiintidankompetensidasarsertaindikator yang
akandicapai.
d.
Menanyakanmateri yang pernahdiajarkan (Appersepsi)
|
15 menit
|
|
KegiatanInti
|
Dalam
kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai
berikut:
a. Mengamati
·
Guru menayangkan film mengenai tutorial merwat jenazah dan cara mensolati
jenazah
·
Siswa diminta mengamati isi yang terkandung dalam film tersebut
b. Menanya
·
Guru memberikan waktu tanyajawab
·
Siswa menanyakan hal-hal yamg belum jelas mengenai materi Kepedulian Umat Islam Terhadap Jenazah.
c.
Mengumpulkan data/eksplorasi
·
Guru mengelompokan peserta didik menjadi beberapa
kelompok
·
Tiap
kelompok diminta menganalisis film yang ditayangkan guru.
d.
mengasosiasikan
membuat kesimpulan mengenai kepedulian umat islam
terhadap jenazah dalam kehidupan sehari-hari
e.
mengkomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi perkelompoknya
·
Tanya jawab antar kelompok
|
60 menit
|
|
Penutup
|
·
Guru
memberikantugas
·
Guru
menutup pelajaran dengan do’a dan salam
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1. Tes
(tulis)
2. Non tes
(tugas, observasi)
I.
Bahan/Sumber Belajar
1.
BukuPendidikan Agama Islam dan Budi Pekertikelas XI
2.
Film tentang tutorial mengurus jenazah
3.
hadis
J.
Lembar Penilaian
1.Tes tertulis
|
No.
|
Butir-butir
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
|
1.
|
Sebutkan
syarat-syarat wajib memandikan jenazah!
|
· Jenazah orang islam
· Didapati tubuhnya walau sedikit
· Bukan mati syahid
|
|
2.
|
Sebutkan tata cara
penyelenggaraan jenazah menurut hukum islam!
|
·
Perawatan jenazah
·
Memandikan jenazah
·
Mengafani jenazah
·
Menyalati jenazah
·
Menguburkan jenazah
·
Berta’ziyyah
·
Ziarah kubur
|
|
3.
|
Sebutkan tata cara
berta’ziyyah sesuai ajaran islam!
|
·
Menyampaikan doa untuk kebaikan dan ampunan terhadap orang yang
meninggal, serta kesabaran bagi orang yang ditiggal.
·
Hindarilah pembicaraan yang menambah sedih keluarga yang ditimpa musibah.
·
Hindarilah canda-tawa apalagi sampai terbahak-bahak.
·
Usahakan turut menyalati mayat dan turut mengantarkan ke pemakaman sampai
selesai penguburan.
·
Membuatkan makanan bagi keluarga yang ditimpa musibah.
|
|
4.
|
Sebutkan tata cara berziarah
sesuai ajaran Islam !
|
·
Ketika mau berziarah , niatkan dengan ikhlas karena Allah Swt, tunduk
hati dan merasa diawasi oleh Allah Swt.
·
Sampaikan di pintu kuburan, ucapkan salam sebagaimana yang diajarkan oleh
Rasulullah Saw.
·
Tidak banyak bicara mengenai urusan dunia di atas kuburan.
·
Berdoa untuk ampunan dan kesejahteraan si mayat di alam barzah dan
akhirat kelak.
·
Diusahakan tidak berjalan melangkahi kuburan atau menduduki nisan ( tanda
kuburan).
|
|
5.
|
Tuliskan niat salat jenazah!
|
|
Norma penilaian
1. Menjawab benar dan sempurna :
skor 20
2. Menjawab tidak benar : skor 5-10
3. Tidak menjawab : skor 0
Nilai dari Setiap nomor
kemudian diakumulasikan.
2.NonTes
Observasi
-
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isidiskusi (memahami tata cara mengurus jenazah)
§ sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan cara mengurus jenazah
.
LembarObservasiDiskusi
|
No.
|
Nama
|
Aspek penilaian
|
Jumlah skor
|
nilai
|
ket
|
||
|
Antusias
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
|||||
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst..
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor :
Masing-masing
kelompok diisi dengan kriteria :
4 = Baik sekali
3 = Baik
2 = Cukup
2 = Cukup
1 = Kurang
Nilai
= ∑
x100
Skor maksimal
Keterangan Nilai :
A = 80-100 : Baik sekali
B = 70-79 : Baik
C = 60-69 : Cukup
D = <60 : Kurang
Rublik penilai sikap
|
No.
|
Aspek
penilaian
|
Rublik
|
|
1.
|
Antusias
|
4: Sangat antusias, semangat
dan menunjukkan rasa senang terhadap pembelajaran yang dilakukan
3: Antusias dan semangat dalam mengikuti
pmbelajaran
2:
Cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran
1:Tidak antusias dan tidak
semangat mengikuti pembelajaran
|
|
2.
|
Keaktifan
|
4: Berusaha melaksanakan tugas
guru dengan sebaik- baiknya dan tidak
mau tertiggal dalam melaksanakan tugas guru
3: Cukup aktif terlibat dalam melaksanakan
tugas yang diberikan guru
2: Hanya sedikit keaktifannya
dan keterlibatannya dalam melaksanakan tugas guru
1: Tidak terlibat dan acuh tak acuh terhadap
tugas yang diberikan guru
|
|
3.
|
Kerjasama
|
4:Sangat baik dalam hal
bekerjasama dan berkomunikasi dengan teman-temannya
3:Dapat bekrjasma dan
berkomunikasi dengan teman-temannya
2:Cukup baik dalam bekerjasama
dan berkomunikasi dengan teman-temannya
1:Tidak dapat bekerjasama dan
berkomunikasi dengan teman-temannya
|
|
Guru Pamong
Budi Santoso, S.PdI
Mengetahui :
Kepala SMKDiponegoro Salatiga
Drs. JokoAnisSuwantoro, M.PdI.
|
|
Salatiga, 13 September 2014
Guru Praktik
Fatchur Rohman
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar