RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK DIPONEGORO SALATIGA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Materi :
Puasa
Kelas/Semester :
XII C/1
Alokasi Waktu : 1 x
45 menit
Pertemuan :
1 pertemuan
A.
Standar
Kompetensi :
1.
Memahami sumber
hukum islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah
B.
Kompetensi
Dasar :
·
Menjelaskan
ketentuan hukum puasa.
·
Menunjukan
prilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap hikmah puasa
·
Mempraktikan hikmah
puasa
C.
Indikator :
·
Menjelaskanpengertian
puasa .
·
Menjelaskan
hikmah puasa
·
Menyebutkan
dalil yang berkaitan dengan puasa
·
Menyebutkan
macam-macam puasa.
·
Menyebutkan
hal-ha yang memperbolehkan tidak berpuasa.
·
Menyebutkan
amalan sunah pada puasa ramadhan
·
Menyebutkan
larangan saatberpuasa
·
Menyebutkan
waktu yang diharamkan berpuasa
.
D.
Tujuan
Pembelajaran: Siswa diharapkan untuk :
·
Siswa mampu
menjelaskanpengertian puasa .
·
Siswa mampu menjelaskan
hikmah puasa
·
Siswa mampu
menyebutkan dalil yang berkaitan dengan puasa
·
Siswa mampu menyebutkan
macam-macam puasa.
·
Siswa mampu menyebutkan
hal-ha yang memperbolehkan tidak berpuasa.
·
Siswa mampu menyebutkan
amalan sunah pada puasa ramadhan
·
Siswa mampu menyebutkan
larangan saatberpuasa
o
Siswa mampu menyebutkan
waktu yang diharamkan berpuasa
E.
Materi Ajar
(Materi Pokok):
Materi puasa
1.
Pengertian
puasa secara bahasa artinya menahan, sedangkan secara istilah yaitu menahan
dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya
matahari dengan syarat dan ketentuan tertentu.
2.
Macam-macam
puasa
·
Puasa ramadhan
·
Puasa puasa
nadzar
·
Puasa sunah
3. Hal-hal yang
memperbolehkan tidak berpuasa.
·
Orang sakit
·
Musyafir
·
Ibu hamil yang
menghawatirkan keelamatanya
·
Ibu menyusui
·
Perempuan yang
sedang nifas dan haid
·
Orang sakit
yang tidak ada harapan sembuh
·
Orang yang
sudah tua yang tidak lagi mampu puasa
4. Amalan sunah pada puasa
ramadhan
·
Memperbanyak
amal AlQuran
·
Melaksanakan
salat tarawih pada saat bulan ramadhan
·
Memperbanyak
sedekah
·
Memperbanyak
sedekah, amal soleh, dan do’a
5. Larangan saat berpuasa
·
Makan dan minum
dengan sengaja
·
Muntah yang
disengaja
·
Haid dan nifas
·
Mengeluarkan
mani dengan sengaja
·
Memasukan
sesuatu melalui lulang mulut, hidung, telinga dengan sengaja
6. Hikmah berpuasa
·
Membentuk manusia
yang bertakwa
·
Puasasebagai
perisai tipu daya setan
·
Dijanjikan akan
masuk surga lewat pintu rayyan
·
Ungkapan rasa
syukur terhadap Allah
·
Membina
kejujuran dan kedislipinan
·
Mendidik rasa
belas kasih antar sesama
·
Dapat
memelihara kesehatan
·
Dapat mengendaliukan
hawa nafsu
F. MetodePembelajaran:
Metode:
1. Ceramah
bervariasi
2.tanya jawab
3. tugas
Pendekatan :
CTL (Contextual Teaching & Learning)
G. Langkah-langkah kegiatan:
|
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
Awal
|
·
Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian
berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran.
·
Mengabsen/
menanyakan siapa yang tidak berangkat.
·
Apersepsi
·
Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
|
10
Menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
Dalam
kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai
berikut:
Dalam
kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai
berikut:
·
Eksplorasi
Untuk mengetahui sejauh
mana pengetahuan siswa tentang materi puasa.
Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contohnya:
-
Apakah kalian
pernah menjalankan puasa?
-
Jelaskan
pengertian puasa!
·
Elaborasi
-
Guru
menerangkan materi yang berkaitan dengan puasa baik pengertian, macam-macam
puasa dan lain sebagainya.
·
Konsolidasi
Pembelajaran.
-
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan puasa.
-
Guru
menyimpulkan materi pelajaran.
|
25
Menit
|
|
Kegiatan
Akhir (Penutup)
|
·
Guru meminta
agar para siswa rajin mempelajari pengertian, dan hikmahpuasa.
·
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/do’a.
·
Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
|
5
Menit
|
H. Bahan/Sumber Belajar:
1.
Modul MGMP PAI SMK Kota Salatiga.
2. Al Quran
I. Media Pembelajaran
1. White board
2. Spidol
3. Kertas
Testertulis
LEMBAR
PENILAIAN
I.
Tes
Tertulis Nilai
=
|
No
|
Butir-Butir
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
|
1
|
Sebukan
macam-macam hal yang memperbolehkan tidak berpuasa!
|
·
Orang sakit
·
Musyafir
·
Ibu hamil
yang menghawatirkan keelamatanya
·
Ibu menyusui
·
Perempuan
yang sedang nifas dan haid
·
Orang sakit
yang tidak ada harapan sembuh
·
Orang yang
sudah tua yang tidak lagi mampu puasa
|
|
2
|
Sebutkan
hal-hal yang membatalkan puasa!
|
·
Makan dan
minum dengan sengaja
·
Muntah yang
disengaja
·
Haid dan
nifas
·
Mengeluarkan
mani dengan sengaja
·
Memasukan
sesuatu melalui lulang mulut, hidung, telinga dengan sengaja
|
|
3
|
Sebukan
5 hikmah berpuasa!
|
·
Membentuk
manusia yang bertakwa
·
Puasasebagai
perisai tipu daya setan
·
Dijanjikan
akan masuk surga lewat pintu rayyan
·
Ungkapan rasa
syukur terhadap Allah
·
Membina
kejujuran dan kedislipinan
·
Mendidik rasa
belas kasih antar sesama
·
Dapat memelihara
kesehatan
·
Dapat
mengendaliukan hawa nafsu
|
|
4
|
Sebutkan
amalan sunah pada saat puasa!
|
·
Memperbanyak
amal AlQuran
·
Melaksanakan
salat tarawih pada saat bulan ramadhan
·
Memperbanyak
sedekah
·
Memperbanyak
sedekah, amal soleh, dan do’a
|
|
5.
|
Sebutkan
dan jelaskan macam-macam puasa!
|
·
Membentuk
manusia yang bertakwa
·
Puasasebagai
perisai tipu daya setan
·
Dijanjikan
akan masuk surga lewat pintu rayyan
·
Ungkapan rasa
syukur terhadap Allah
·
Membina
kejujuran dan kedislipinan
·
Mendidik rasa
belas kasih antar sesama
·
Dapat
memelihara kesehatan
·
Dapat
mengendaliukan hawa nafsu
|
Norma penilaian
1.
Menjawab
benar dan sempurna : 20
2.
Menjawab
tidak benar : maksimal
10
3.
Tidak
menjawab : skor 0
Nilai dari
Setiap nomor kemudian diakumulasikan.
II. Tes Sikap
|
No.
|
Pernyataan
|
S
|
SS
|
TS
|
STS
|
|
1.
|
Menerapkan
hukum islam berarti harus membentuk pemerintah Islam di Indonesia.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Jika
ada masalah keagamaan, hendaknya para ulama’ melakukanIjtihaduntuk mencari
solusinya.
|
|
|
|
|
|
3.
|
Dalam
menjalankan kehidupan sehari-hari, kita harus selalu menyesuaikan tradisi
ynag berlaku di masyarakat selama tidak bertentangan dengan syari’at,
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kita
tetap tidak boleh makan daging babi ketika di tengah hutan dan tidak ada
bahan makanan lagi yang bisa dimakan.
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kalau
sering terjadi perselisihan paham dalam sebuah perjanjian, maka pencatatan
perjanjian menjadi wajib dilakukan.
|
|
|
|
|
Keterangan : SkorTesSikap:
SS = SangatSetuju = 50
S = Setuju = 40
TS = TidakSetuju = 10
STS = SangatTidakSetuju = 0
III.Portofolio
Tespengalamandilakukandenganmenggunakanportofoliodimana guru
mencatatpengalaman agama berdasarkanantara lain:
–
apa yang dilihat;
–
laporan
rekan guru dan pegawai lainnya; dan
–
laporan
dari orangtua murid atau siswa.
Salatiga, 09 September 2014
|
Guru Pamong
|
Guru Praktik
|
|
Hadisuntoro
|
Fatchur
Rohman
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK
Diponegoro
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar